Session 6: Menu, form Fill-in and Dialog Box

Menu merupakan cara untuk menyajikan petunjuk yang tersedia bagi pengguna.
Form fill-in adalah system interaktif untuk meminta data atau informasi dari pengguna
Dialog box merupakan respon dari system interaktif setelah pengguna memberikan instruksi yang membutuhkan parameter.
Single menus
Terdapat 2 menu,yaitu:
ü  Binary menu: Satu dari dua pilihan
Seperti:
v  Mnemonic letters
Photo akan ditampilkan berdasarkan inputan huruf.
Contohnya seperti : H =hitam dan putih dan W= warna,
Pilih huruf pilihan anda?
v  Radio button
v  Button choices
Pilihan tombol.
Contohnya seperti: pemilihan Gender.
ü  Multipel items menu, menampilkan banyak pilihan dengan menggunakan teknik-teknik sepertiscrollbar, pulldown menus and pup up
TREE –Structured Menus
Ketika kumpulan item berkembang dan menjadi sulit dipelihara dalam kendali intelektual, perancangan dapat membentuk kategori item-item yang serupa , membentuk struktur tree.
Tree-structured menu dapat membagi beberapa kumpulan ke dalam sebuah grup tersendiri.
Contoh pengelompokannya :
o   Laki-laki,perempuan
o   Hewan,sayuran,mineral
o   Fonts,size,style, spacing
Pengelompokan semantic:
o   Kelompokkan item-item yang serupa secara logis
o   Bentuk kelompok yang melingkupi semua kemungkinan
o   Gunakan peristilahan yang dikenal
Acylic dan Cyclic Menu Networks
Biasanya ini digunakan pada hypertext, seperti www dimana potensi untuk tersesat meningkat. Dan terkadang lebih cocok daripada struktur tree. Memungkinkan jalur dari bagian tree yang berbeda, tidak mengharuskan pemakai memulai dari menu utama. Dan biasanya terdapat pada kutipan dalam jurnal ilmiah.
Menu yang bergerak dengan cepat
ü  Menu dengan typeahead
Ø  Tidak perlu menunggu menu selesai ditampilkan untuk memilih menu, dapat langsung mengetikkan serangkaian karakter dari menu utama.
Ø  Pilihan –pilihan dapat digabungkan menjadi suatu perintah mnemonic
Contohnya adalah menu pada handphone
ü  Nama menu untuk akses langsung
Ø  Skema penamaan yang memungkinkan pemakaian mengakses tujuan secara langsung.
Contoh: jump pada winamp dan bookmark pada webbrowser.
ü  Menu macros
Merekan jalur menu yang sering digunakan sebagai perintah buatan sendiri(di define oleh user).
Contohnya shortcut buatan sendiri.
Perancangan menu
Pedomen perancangan menu:
o   Gunakan task semantic
o   Lebih baik lebar dan dangkal daripada sempit dan dalam
o   Tunjukkan posisi dengan gambar ,angka atau judul
o   Gunakan pengelompokan item yang berarti
o   Tampilkan item dengan singkat, mulai dengan keyword
o   Gunakan tata bahasa ,tata letak dan peristilahan yang konsisten
o   Sediakan typeahead dan shortcut lainnya
Data entry-form fill-in
Ø  Bermanfaat untuk banyak data dimasukkan,
o   Lengkap informasi dapat dilihat oleh pengguna
o   Tampilan menyerupai bentuk familiar dengan form yang biasa di kertas
o   Beberapa instruksi diperlukan untuk jenis entri tertentu
Ø  Pengguna harus terbiasa dengan:
o   Keyboard
o   Penggunaan tombol TAB atau mouse untuk memindahkan kursor
o   Metode koreksi kesalahan
o   Makna field label
o   Syarat kententuan pengisian
o   Penggunaan tombol ENTER dan / atau RETURN
Ø  Pedomen mendesain form fill-in
o   Judul yang bermakna
o   Instruksi yang mudah dipahami
o   Pengelompokan logis dan sekuensing bidang
o   Tata letak visual yang menarik dari bentuk
o   Field label yang familiar
o   Konsisten menggunakan kata/singkatan
o   Terlihat Ruang dan bounderies untuk bidang data-entry
o   Gerakan kursor nyaman
o   Koreksi kesalahan untuk karakter individu dan seluruh bidang
o   Pencegahan kesalahan dimana mungkin
o   Pesan kesalahan untuk nilai nilai yang tidak dapat diterima
o   Penandaan bidang yang diperlukan
o   Penjelasan pesan untuk bidang
Ø  Field dengan format specific biasanya
o   Nomor telepon
o   Waktu
o   Tanggal
o   Mata uang
Ø  Dialog boxes
Kombinasi teknik menu dan formulir isian yang banyak digunakan di GUI modern
Yang perlu diperhatikan :
      Tata letak internal kotak dialog
Pedoman tata letak intwernal kotak diaolog adalah
o   Judul berarti,gaya konsisten
o   Pengurutan dari atas kiri ke bawah kanan
o   Pengelompokan dan penegasan
o   Tata letak yang konsisten
o   Peristilahan ,font, penggunaan huruf besar yang konsisten
o   Tombol standar(ok, cancel)
o   Pencegahan kesalahan
      Hubungan ekternal kotak dialog
Pedomen hubungan ekternal dialog adalah
o   Dapat dibedakan tapi batasnya kecil
o   Ukuran cukup kecil
o   Mudah ditutup
o   Jelas penyelesainnya/pembatalnnya.

About mestikanggarini

Seorang mahasiswi yang sedang dalam proses mendapat gelar Mestika Anggarini, S.Kom Dan dalam proses mendapatkan nilai TUGAS MANDIRI yang baik (semoga A hasilnya) hehehehe :D
This entry was posted in Human Computer Interaction. Bookmark the permalink.

Leave a comment